Survei MarkPlus, Inc: Pendidikan Vokasi & SMK Jadi Minat Tertinggi Masyarakat  

  • Whatsapp
Doc. Istimewa

JAKARTA Dunia pendidikan terus mengalami evolusi seiring dengan tuntutan perkembangan zaman. Saat ini, pendidikan di Indonesia telah diarahkan untuk mampu mencetak lulusan yang berkualitas. Salah satunya, melalui SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) maupun Pendidikan Tinggi Vokasi terus menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan.

Melihat hal tersebut, Firma Konsultan Pemasaran Premier Asia Tenggara, MarkPlus, Inc., mengadakan riset bertajuk Survei Ketertarikan Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi. Tujuan riset ini terbagi menjadi 2 (dua), yakni untuk mengetahui ketertarikan calon peserta didik/orang tua terhadap pendidikan SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi.

Deputy Chairman MarkPlus, Inc., Taufik, mengungkapkan bahwa, terdapat enam hal yang digali dalam riset ini, seperti awareness responden terhadap pendidikan tinggi vokasi maupun SMK, sumber informasi, persepsi peserta terhadap pendidikan tingggi vokasi dan SMK, alasan ketertarikan, hingga keinginan rekomendasi. “Survei kali ini tidak hanya melibatkan para siswa, tetapi juga orang tua untuk melihat persepsi orang tua terhadap jenjang pendidikan” ujar Taufik dalam press conference yang digelar secara virtual, Selasa (06/4).

Taufik kemudian menjelaskan, bahwa keseluruhan responden berjumlah 890 orang, di mana dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori Pendidikan SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi. Untuk kategori Pendidikan SMK terdapat 390 responden yang terdiri dari peserta didik SMP, orang tua SMP dan orang tua SD. Sementara kategori Pendidikan SMA berjumlah 500 responden yang terdiri dari peserta didik SMK, peserta didik SMA, orang tua SMK, dan orang tua SMA.

“Riset ini dilakukan di 10 wilayah di Indonesia dengan mempertimbangkan jumlah siswa-siswa terbanyak, persebaran wilayah responden, pemilihan kota/titik utama, juga komposisi siswa SMK. Kesepuluh wilayah tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Bali,  dan Sulawesi Utara,” bebernya.

next..,

Pos terkait